Tips Pencegahan Diabetes

Bagi anda para penderita diabetes,di sini kami akan sedikit menginformasikan seputar tips pencegah diabetes yang kami ketahui,di antanya :

  • Tips Pencegahan DiabetesLebih banyak Mengkonsumsi makanan sumber nabati
    Banyak mengkonsumsi sumber makanan dari tumbuhan/nabati bisa mengurangi risiko terkena diabetes. Mulailah mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti sayuran beraneka warna, kacang-kacangan, buah-buahan segar, serta biji-bijian. Asupan makanan nabati bisa menurunkan risiko diabetes, serta menjaga nafsu makan dan kalori tetap kontrol.
  • Turunkan berat badan
    Sebanyak 80% diabetes mengalami kelebihan berat badan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan orang dewasa yang kegemukan, mengurangi risiko diabetes mereka sebesar 16 persen untuk setiap kilogram berat badan yang hilang. Jadi, upayakan berat badanmu dalam kisaran normal, ya. Coba deh cek berat badanmu di BMI Calculator ini.
  • Kurangi Konsumsi Gula
    Konsumsi gula saja tidak terkait dengan pengembangan diabetes tipe 2. Namun, setelah disesuaikan dengan berat badan dan variabel lainnya, tampaknya ada hubungan antara minum-minuman sarat gula. Seseorang yang minum satu atau lebih minuman bergula sehari, memiliki hampir dua kali lipat risiko terkena diabetes dari pada orang yang hanya kadang-kadang atau tidak minum-minuman bergula.
  • Perbaiki Pola Makan
    Perbaiki pola makan agar mencegah kerusakan sel beta pankreasPola makan yang tidak teratur juga dapat memicu kerusakan sel beta pankreas dan juga resistensi sel terhadap insulin. Mengapa demikian? Hal ini sangat erat sekali hubungannya dengan nutrisi yang diperoleh tubuh. Dengan pola makan yang tidak teratur, maka tubuh nantinya akan mengalami keterlambatan penerimaan nutrisi. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka akibatnya akan sangat fatal karena dapat menghambat kinerja organ.
  • Berhenti merokok
    Orang yang merokok lebih mudah untuk mengembangkan diabetes. Kekurangan insulin dalam tubuh dapat terkait dengan merokok berlebihan, dan satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengurangi asupan tembakau.
  • Porsi Makan yang Cukup
    Makan tidak perlu banyak, namun cukupi semua kebtuhan gizi anda setiap hari “4 sehat 5 sempurnaā€¯ dan usahakan anda selalu rutin makan 3 kali dalam sehari.
  • Cara mencegah diabetes melitus yang berikutnya adalah dengan melakukan Pencegahan Tertier. Pencegahan penyakit diabetes secara tersier bertujuan untuk mencegah kecacatan lebih lanjut dari komplikasi penyakit yang sudah terjadi, diantaranya: Mencegah timbulnya komplikasi.
  • Utamakan Konsumsi Sayuran
    Jika Anda menyukai daging alangkah baiknya mengurangi mengkonsumsi makanan yang satu ini, mengkonsumsi sayuran lebih sehat dibandingkan dengan daging yang dapat meningkatkan resiko terkena diabetes. Jika Anda ingin mengetahui secara lengkap mengenai makanan yang harus di hindari,
  • Makanlah kacang-kacangan dan biji-bijian
    Meskipun tidak jelas mengapa, biji-bijian dapat mengurangi risiko diabetes dan membantu menjaga kadar gula darah. Dalam sebuah studi pada lebih dari 83.000 perempuan, konsumsi kacang-kacangan (dan selai kacang) tampaknya menunjukkan beberapa efek perlindungan terhadap pengembangan diabetes. Wanita yang mengonsumsi lebih dari lima porsi satu ounce kacang per minggu menurunkan resiko terkena diabetes dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi kacang sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *