Kacang Tanah Cemilan Sehat Penderita Diabetes

kacang tanah cemilan baik penderita diabets

Kacang adalah salah satu pilihan makanan ringan yang terbaik untuk semua orang, terutama penderita diabetes. Almond adalah salah satu kacang terbaik untuk makanan ringan yang benar-benar sehat. Kenari, kacang tanah, dan kacang mete juga pilihan yang baik.Kacang tanah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sudah tidak asing lagi bagi kita karena hampir setiap kita pernah mencoba dan biasanya kacang tanah sering dijadikan camilan saat santai.Kacang tanah merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh kita karena tubuh juga memerlukan asupan protein setiap harinya karena itu tidak ada salahnya di rumah kita selalu menyediakan kacang tanah sebagai camilan untuk keluarga.Penderita diabetes melitus tetap boleh ngemil tapi pilihlah cemilan sehat penderita diabetes dari kacang kacangan seperti kacang tanah, kacang kedele, kacang mete, kacang almond dsb. Tapi perhatikan juga pengolahan kacang kacangan ini. Sebaiknya jangan yang digoreng tapi dibakar dalam oven. Juga jangan dalam porsi yang berlebihan.Lemak, vitamin, mineral, serat dan fitosterol yang terdapat pada kacang kacangan, terutama kacang kedelai. Memiliki efek positif baik terhadap defisiensi insulin.

Ketika Anda ketagihan camilan tapi ingin memastikan bahwa hal itu tidak mengurangi kadar gula darah Anda, ambil segenggam kacang. Almond, kacang tanah, kacang mete, dan kenari memiliki lemak tak jenuh tunggal yang sehat yang membantu menurunkan kolesterol dan memastikan bahwa kadar gula darah yang utuh.Pada dasarnya semua jenis kacang-kacangan merupakan makanan yang baik bagi penderita diabetes karena mampu menjaga berat badan sekaligus mengontrol kadar gula dalam darah. Kacang mengandung omega-3, yaitu lemak baik yang tidak hanya berkhasiat sebagai obat penyakit jantung, tapi juga mampu mengurangi resistensi insulin. Selain itu, kacang juga kaya akan serat, vitamin E dan magnesium.

Jadi, ketika Anda ingin ngemil, kacang-kacangan seperti selai kacang, kacang tanah, kacang polong, kenari dan kacang merah bisa dijadikan pilihan yang bijaksana. Kacang polong misalnya, mengandung serat dan juga kalsium, satu jenis mineral yang dapat membantu membakar lemak tubuh. Ketika mengonsumsi kacang-kacangan, pastikan kacang tersebut tidak terlalu banyak mengandung garam ataupun gula.
Dalam penelitannya Jenkins secara random meminta 121 pasien diabetes tipe 2 mengonsumsi satu cangkir kacang-kacangan setiap hari atau produk serelia utuh.Setelah tiga bulan, ternyata kelompok yang mengasup kacang-kacangan mengalami perbaikan dalam kadar gula darahnya dibanding dengan yang makan serelia utuh. Bonus lainnya adalah terkontrolnya kadar tekanan darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *