Kacang Kacangan Baik Bagi Pendeita Diabetes

Kacang kacangan merupakan obat herbal diabetes.Banyak orang yang tidak mengetahui hal ini.Kacang kacang memiliki banyak jenis.Pada dasarnya semua jenis kacang-kacangan merupakan makanan yang baik bagi penderita diabetes karena mampu menjaga berat badan sekaligus mengontrol kadar gula dalam darah. Kacang mengandung omega-3, yaitu lemak baik yang tidak hanya berkhasiat sebagai obat penyakit jantung, tapi juga mampu mengurangi resistensi insulin. Selain itu, kacang juga kaya akan serat, vitamin E dan magnesium.Jadi, ketika Anda ingin ngemil, kacang-kacangan seperti selai kacang, kacang tanah, kacang polong, kenari dan kacang merah bisa dijadikan pilihan yang bijaksana. Kacang polong misalnya, mengandung serat dan juga kalsium, satu jenis mineral yang dapat membantu membakar lemak tubuh. Ketika mengonsumsi kacang-kacangan, pastikan kacang tersebut tidak terlalu banyak mengandung garam ataupun gula.Selai kacang bukan hanya nikmat, tetapi ternyata juga kaya serat. Kandungan seratnya inilah yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes guna menjaga kestabilan gula darahnya. Bahkan kandungan serat dalam selai kacang dapat membantu mengurangi resiko diabetes pada non-diabetesi setelah dilakukan beberapa kali penelitian.

Sayur sayuran kacang seperti kacang seperti kacang panjang, kacang polong, atau buncis mengandung serat yang tinggi, yakni dalam satu setengah cangkirnya dapat memberikan sekitar 1/3 dari kebutuhan serat harian, dan juga merupakan sumber magnesium dan potasium yang baik.Disamping itu setengah cangkir biji kacang mengandung protein yang setara dengan satu ons daging tanpa lemak jenuh.  Oleh karena itu kacang-kacangan merupakan makanan yang baik untuk penderita diabetes.Kacang-kacangan mengandung serat yang tinggi, yang sangat penting untuk mengelola penyerapan glukosa. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa kacang-kacangan juga bisa menurunkan risiko stroke dan mengatur pelepasan insulin dalam tubuh, sehingga pendorong utama bagi diabetes.Kacang adalah salah satu pilihan makanan ringan yang terbaik untuk semua orang, terutama penderita diabetes. Almond adalah salah satu kacang terbaik untuk makanan ringan yang benar-benar sehat. Kenari, kacang tanah, dan kacang mete juga pilihan yang baik.

Jenis Kacang Kacangan Yang Dapat Menghilangkan Diabetes Secara Alami :

kacang kacangan baik bagi penderita diabetes

  • Kacang Macadamia

Kacang macadamia sering dianggap kacang yang tinggi kalori dan lemak. Namun para ilmuwan mengatakan bahwa lemak yang dikandungnya adalah lemak sehat. Kacang tropis ini mengandung asam lemak omega-7 tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Omega-7 juga telah ditunjukkan dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Seporsi kacang macadamia menyediakan 100 persen kebutuhan harian anda akan thiamin. Thiamin dibutuhkan tubuh untuk mengubah karbohidrat menjadi energi dan berperan dalam mengatur sistem saraf.

  • Kacang Tanah

Kacang ini mengandung kurang lebih 40% minyak yang sering digunakan untuk membuat lemak nabati. Karena harganya tidak begitu mahal, kacang tanah digunakan untuk berbagai macam kue kering.

  • Kacang merah

Bersifat netral dan manis. Kacang merah sangat populer di kalangan orang Cina dan Jepang. Kadang-kadang kacang merah dijual dalam bentuk pasta. Kacang merah menimbulkan efek diuretik serta efektif untuk mengatasi edema dan diare.Kacang ini juga dapat mengharmoniskan darah dan juga dapat menjadi penawar terhadap racun.

  • Kacang walnut

Sumber berlimpah asam lemak Omega 3 yang baik untuk jantung, perbaikan saraf, menolong penderita asma dan rematik. Walnut juga mengandung anti-oksidan asam ellagik yang dikenal bisa memerangi kanker dan menolong sistem pertahanan tubuh.
Walnut juga memiliki kelebihan dalam kesehatan jantung. Sebuah studi pada bulan April 2004 memaparkan bahwa kacang ini juga:
• Mengurangi total kolesterol dan LDL (kolesterol buruk).

  • Kacang Tunggak

Kacang tunggak memiliki ukuran dua kali lebih besar dari kacang hijau, berwarna kecokelatan. Rasanya gurih dan sedikit kenyal. Sering diolah menjadi camilan dan campuran aneka sayur tradisional. Selain kacang tunggak, kacang ini juga dikenal dengan nama kacang tolo, kacang beras, kacang dadap, atau black eyed peas .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *